Ada Warok Mengajar di SMKN 2 Ponorogo

Jayadi, S.Pd, Ketua BKK SMK Negeri 2 Ponorogo
PONOROGO, INFOSMK.COM  - Guru dan Staf Tata Usaha SMK Negeri 2 Ponorogo mengenakan busana khas Ponorogo bukan mereka akan beraktraksi maupun menggelar pertujukan reog, tapi mereka justru akan melayani masyarakat dan melaksanakan tugasnya sebagai seorang pendidik di SMK Negeri 2 Ponorogo.

Kok bisa ? Iya, sebab sejak 18 Juli sampai 11  Agustus 2022 para Pegawai Negeri Sipil, Perangkat desa, Kepala desa juga para karyawan BUMN yang berada di kabupaten Ponorogo diwajibkan mengenakan busana khas Ponorogo yang di sebut penadon. Hal itu sebagai wujud partisipasi dalam rangka memeriahkan Perayaan Grebeg Suro dan Peringatan Hari Jadi ke-526 Kabupaten Ponorogo Tahun 2022. 

Kewajiban mengenakan baju penadon atau warok bagi laki - laki dan untuk perempuan berpakaian batik, Itu dituangkan dalam surat edaran Bupati Ponorogo Nomor : 430/ 2108 /405.08/2022 pada tanggal 11 Juli 2022. Instruksi untuk memakai Pakaian Khas Ponorogo dimulai tanggal 18 Juli 2022 sampai dengan 11 Agustus 2022.

Guru SMKN 2 Ponorogo Memakai Seragam Ponorogoan
Dalam surat edaran juga diinstruksikan untuk  memasang spanduk bertemakan “BERGANDENG ERAT, BERGERAK CEPAT, PONOROGO HEBAT” dan himbauan untuk memasang umbul – umbul kesemarakan dan keindahan di masing–masing Kantor / Sekolah / Madrasah / Lingkungan / RT-RW mulai tanggal 14 Juli 2022 sampai dengan 11 Agustus 2022. Ketetapan ini merupakan instruksi Pemerintah Daerah Kabupaten Ponorogo untuk memperkuat jati diri dan semakin menguatkan ikon Ponorogo sebagai kota budaya.

Sigid Budianto, S.Pd, Salah satu Guru TKJ SMKN 2 Ponorogo
Sigid Budianto, S.Pd, salah satu Guru TKJ SMK Negeri 2 Ponorogo mengaku, selama bertahun-tahun mengenakan baju warok sudah tidak asing lagi baginya. Karenanya, ia sudah sangat terbiasa dan tidak bermasalah saat harus ngantor dengan baju serba hitam ini.“Lebih asyik lebih santai juga bekerja pakai seragam warok dan memakai sandal ,” ungkap Sigid.

"Memang benar mulai hari ini hingga acara grebeg suro selesai. Kami diwajibkan untuk mengenakan baju penadon ponorogoan atau warok bagi laki - laki dan untuk perempuan berpakaian batik" ungkap Jayadi, S.Pd, Ketua BKK SMK Negeri 2 Ponorogo, Senin (18/07/2022)

Jayadi mengatakan imbauan berpakaian khas Ponorogo pada momen-momen seperti ini rutin dilaksanakan oleh SMK Negeri 2 Ponorogo setiap tahunnya. Bahkan sekolahnya ditunjuk sebagai salah satu pengisi untuk perform pada Upacara Pembukaan Perayaan Grebeg Suro, Festival Reog Mini (FRM) XVIII, dan Festival Nasional Reog Ponorogo (FNRP) XXVII tahun 2022, Ungkapnya.

Posting Komentar untuk "Ada Warok Mengajar di SMKN 2 Ponorogo "