Viral Ujian Praktik Sekolah, Bikin Pesta Nikah Sungguhan


Memasuki kelas XII  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), biasanya kita selalu menjalani berbagai macam ujian sebagai syarat kelulusan sekolah, salah satunya ujian praktik. Pelaksanaan ujian ini dimaksudkan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa SMK yang telah menyelesaikan proses pembelajaran sesuai kompetensi keahlian yang ditempuh. Dalam hal ini, biasanya para guru akan memberikan beberapa tugas project untuk dikerjakan setiap siswa secara individu maupun kelompok secara langsung.

Seperti sebuah video yang belakangan viral di jagad maya, dari akun youtube @Kang Thamrin  ia mengunggah sebuah video Praktek Rias Pengantin Adat Jawa. Dalam video terlihat ujian Praktek Rias dan prosesi pernikahan Pengantin Adat Jawa yang menghadirkan guru dan beberapa siswa yang berperan sebagai mempelai laki-laki dan perempuan, wali dari perempuan, saksi, dan perjangga ini diselenggarakan di sebuah aula, lengkap dengan dekorasi pelaminan.


Bahkan, ada tiga pasangan pengantin yang dijadikan model untuk Praktek Rias dan prosesi pernikahan Pengantin Adat Jawa, tampak menggunakan busana pengantin sungguhan, dengan puluhan siswa-siswi lainnya yang berjalan sebagai pengiring pengantin. Tidak lupa, mereka yang berperan menjadi keluarga pihak lelaki yang membawa seserahan bahkan kembar mayang.

Kemudian secara totalitas ujian praktik tersebut melibatkan siswa lain yang berperan sebagai tamu undangan dengan menggunakan pakaian layaknya orang kondangan sungguhan.

Tidak hanya itu saja, dalam video bahkan semua prosesi adat pernikahan jawa dilaksanakan, baik acara temu penganten, kacar-kucur, sungkeman, terdapat kembar mayang, pengiring pengantin hingga tarian persembahan untuk menyambut pengantin menuju pelaminan. Tampak pula dua siswi yang berperan sebagai orangtua pasangan pengantin, yang mengenakan seragam adat jawa, duduk bersama pengantin di pelaminan.

Setelah acara prosesi pernikahan selesai digelar, para tamu pun ramai-ramai memberi selamat dan melakukan sesi foto pada pasangan yang baru saja menikah.


Menurut Tarmin sebagai pemilik chanel Youtube Kang Thamrin mengatakan video itu diunggah pada Februari tahun 2017 silam,  sampai saat ini sudah ditonton sebanyak 131.059  kali. Video ini merupakan video Praktek Upacara Pernikahan Rias Pengantin Adat Jawa kolaborasi mata pelajaran bahasa Jawa dan mata pelajaran Produktif kompetensi tata Kecantikan yang dilakukan oleh siswa-siswi SMK Negeri 2 Ponorogo. Dengan Harapan setelah lulus nanti siswa-siswi SMK Negeri 2 Ponorogo siap terjun ke masyarakat untuk menjadi tenaga-tenaga trampil sesuai dengan kompetensinya masing-masing.

Unggahan @Kang Thamrin pada akun Youtube miliknya itu pun mencuri perhatian dari warganet lainnya. Banyak warganet yang berkomentar memberikan respons terkait video tersebut.

 “Keren banget. aku jadi pengin ngadain praktik nikah di madrasahku” @Annisa Lutviana Berkomentar

“Kereenn adat istiadat harus ttap di lestarikan jangan smpe ke makan jaman wlopun banyak modern tetap lestarikan budaya ..sukses slalu keren bangedtttttttt ..salam dari bandung jabar” @della apriliani

Bahkan netizen @Khrist Satya memberikan komentar dan doa “Semoga keluarga sakinah mawadah maromah dan bisa diterima dengan sah”

Sing dadi manten grogi mungkin berasa mantenan temenan, @Anistika Rcw

Kek beneran anak smk tugasnya seru2 ya. Pas suap2an ya Allah lucu bgt. Kata @Gita Rahmawati

 

Penasaran dengan videonya silahkan klik disini

Posting Komentar untuk "Viral Ujian Praktik Sekolah, Bikin Pesta Nikah Sungguhan"