Pelatihan Guru Informatika Sebagai Sarana Peningkatan Kompetensi Profesional Kejuruan

Pelatihan Guru Informatika Sebagai Sarana Peningkatan Kompetensi Profesional Kejuruan
Malang, Infosmk.com - Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran sesuai dengan alur proses pada Kurikulum Merdeka, Balai Besar Pengembangan dan Peningkatan Mutu Pendidikan Kejuruan Bidang Otomotif dan Elektronika (BBPPMPV BOE) Malang menyelenggarakan Pelatihan Guru Informatika yang dibuka melalui kegiatan daring pada hari Rabu, 5 Juni 2024.

BBPPMPV BOE Malang memiliki tugas utama untuk meningkatkan mutu pendidikan kejuruan melalui pelatihan, khususnya bagi guru SMK bidang otomotif dan elektronika. Pada Kurikulum SMK Pusat Keunggulan (PK), mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, Informatika, dan Projek IPAS termasuk dalam kelompok mata pelajaran kejuruan. Hal ini menegaskan bahwa semua mata pelajaran tersebut harus menjadi dasar bagi peserta didik dalam beradaptasi dengan pelaksanaan pekerjaan kejuruan sesuai dengan program keahlian yang ditempuh.

Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh guru SMK saat ini adalah kurangnya pemahaman guru mata pelajaran non-kejuruan mengenai hubungan antara mata pelajaran umum dan kejuruan. Hal ini menyebabkan kesulitan dalam menghubungkan materi mata pelajaran umum dengan mata pelajaran kejuruan. Untuk mengatasi masalah tersebut, BBPPMPV BOE Malang melaksanakan pelatihan terapan kejuruan bagi guru mata pelajaran Informatika.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesional kejuruan, pedagogik, dan implementasinya dalam Kurikulum Merdeka. Pelatihan akan berlangsung selama 9 hari efektif atau setara dengan 84 JP (jam pelajaran). Pelatihan diikuti sebanyak 100 orang guru mapel Informatika, 80 orang guru berasal dari provinsi Jawa Timur dan 20 guru dari luar provinsi Jawa Timur, yang terbagi dalam 5 kelas pelatihan. Kegiatan daring akan dilaksanakan pada tanggal 5-7 Juni 2024, sementara kegiatan luring akan berlangsung pada tanggal 10-15 Juni 2024.

Secara umum, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam menyusun modul ajar sesuai dengan alur proses yang benar. Manfaat yang diperoleh dari kegiatan ini adalah peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru SMK pengampu mapel Informatika dalam penyusunan modul ajar yang efektif dan sesuai dengan alur proses yang benar, yang dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para guru dapat lebih memahami dan mengimplementasikan kurikulum dengan baik, sehingga mampu meningkatkan kualitas pendidikan kejuruan di Indonesia.

#bbppmpvboe #sahabatboe
#percepatanpenjaminanmutu #praktikbaik #merdekabelajar
#vokasikuatmenguatkanindonesia #indonesiatumbuhindonesiatangguh

Sumber : https://bbppmpvboe.kemdikbud.go.id/

Posting Komentar untuk "Pelatihan Guru Informatika Sebagai Sarana Peningkatan Kompetensi Profesional Kejuruan"