Guru SMK Negeri 2 Ponorogo Didorong Ciptakan Pembelajaran Inovatif dan Efektif Melalui Workshop

Sumarwan, S.T., M.MT.,  memebrikan Pembelajaran Inovatif dan Efektif kepada Guru SMK Negeri 2 Ponorogo 
Ponorogo, infosmk.com - Dalam rangka menyambut tahun ajaran baru 2024/2025 dan meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran, SMK Negeri 2 Ponorogo menggelar Workshop Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis, 25 Juli 2024, bertempat di Aula SMK Negeri 2 Ponorogo. Workshop ini diikuti oleh seluruh guru SMK Negeri 2 Ponorogo dengan format diklat 32 jam yang dilaksanakan selama empat hari, terdiri dari dua hari tatap muka dan dua hari penugasan.

Farida Hanim Handayani, S.P.d., M.Pd., Kepala SMK Negeri 2 Ponorogo, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu syarat pemenuhan Program Merdeka Mengajar (PMM). “Kita harus aktif dan berbagi,” karena pada periode ini saya mengambil refleksi pelaksanaan pembelajaran sehingga SMK Negeri 2 Ponorogo memfasilitasi menjadi penyelenggara sharing praktik baik dari guru-guru penggerak. Masing-masing wakil kepala sekolah dan program studi keahlian harus sharing praktik baik. Semua GTK harus meningkatkan kompetensi melalui diklat-diklat, tidak hanya mengejar sertifikat tapi juga kompetensi,” ujarnya. Farida juga berpesan agar semua peserta mengikuti workshop ini dengan baik sehingga dapat mengimplementasikan pembelajaran yang inovatif dan efektif di kelas.

Sumarwan, S.T., M.MT., sebagai pemateri, berbagi pengalaman mengenai sejauh mana fungsi Guru Penggerak bisa menggerakkan guru-guru yang lain, bagaimana menciptakan pembelajaran yang inovatif dan efektif, serta tentang Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) dan masalah akreditasi yang semuanya sudah berbasis aplikasi.

Menurut Sumarwan, untuk mencapai pembelajaran yang menarik dan inovatif, guru harus memahami tujuan pembelajaran, mengenali peserta didik, menggunakan pendekatan berbasis masalah, menerapkan pembelajaran berbasis proyek, menggunakan teknologi dan sumber daya digital, memfasilitasi pembelajaran kolaboratif, memberikan umpan balik yang konstruktif, serta mendorong keterlibatan aktif peserta didik. Fleksibilitas dan adaptabilitas dalam pembelajaran juga penting, serta evaluasi dan refleksi yang berkesinambungan.

Dengan terselenggaranya workshop ini, diharapkan seluruh guru SMK Negeri 2 Ponorogo dapat menerapkan metode pembelajaran yang inovatif dan efektif, sehingga mampu menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan berkualitas.

Workshop Pembelajaran Inovatif dan Efektif ini merupakan langkah nyata SMK Negeri 2 Ponorogo dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan kolaborasi dan dedikasi seluruh guru, diharapkan peserta didik dapat merasakan manfaat langsung dari metode pembelajaran yang lebih baik dan relevan dengan perkembangan zaman. Mari kita bersama-sama wujudkan pendidikan yang lebih baik demi masa depan bangsa. (tar-).

 

Posting Komentar untuk "Guru SMK Negeri 2 Ponorogo Didorong Ciptakan Pembelajaran Inovatif dan Efektif Melalui Workshop"