SMKN 2 Ponorogo Gandeng Kodim 0802/Ponorogo Tingkatkan Wawasan Kebangsaan Siswa

Siswa-siwi SMKN 2 Ponorogo sangat antusias mendengarkan Materi Wasbang dari Kodim 0802/Ponorogo 
Ponorogo, infosmk.com - Guna meningkatkan Wawasan Kebangsaan, SMKN 2 Ponorogo bekerjasama dengan Kodim 0802/Ponorogo untuk memberikan pelatihan Pendidikan Baris Berbaris (PBB) dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada siswa-siswinya. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, mulai 15 hingga 17 Juli 2024, bertempat di lapangan Kodim 0802/Ponorogo.

Komandan Kodim 0802/Ponorogo, Letkol Inf Dwi Soerjono, menyampaikan terima kasih kepada seluruh lembaga pendidikan di Kabupaten Ponorogo yang telah memberikan kepercayaan kepada Kodim 0802/Ponorogo dalam kegiatan Wasbang ini. “Terima kasih kepada seluruh lembaga pendidikan di Kabupaten Ponorogo yang telah memberi kepercayaan kepada Kodim 0802/Ponorogo dalam kegiatan ini,” kata Letkol Inf Dwi Soerjono. “Ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami yang tentu kami terima dan kami laksanakan dengan serius dan penuh tanggung jawab guna memberikan bekal kepada para siswa agar tertanam rasa kebersamaan, tanggung jawab, dan disiplin,” tambahnya.

Dandim juga menambahkan bahwa dengan diberikan materi Wasbang, para siswa diharapkan semakin paham akan sejarah dan budaya, menghargai perbedaan, serta berjiwa patriot dan nasionalisme yang tinggi. Pasiops Kodim 0802/Ponorogo menjelaskan bahwa seluruh siswa akan diberikan materi yang sama yaitu PBB dan Wawasan Kebangsaan. Pelaksanaan di lapangan dilakukan oleh anggota Kodim 0802/Ponorogo, baik dari Makodim maupun Koramil jajaran Kodim 0802/Ponorogo. “Materi yang diberikan adalah Peraturan Baris Berbaris dan Wawasan Kebangsaan yang semuanya diberikan oleh anggota, baik dari Makodim maupun Koramil jajaran Kodim 0802/Ponorogo yang memang sudah berkompeten di bidangnya,” ujar Pasiops Kodim 0802/Ponorogo.

Kepala SMKN 2 Ponorogo, Farida Hanim Handayani, S.Pd., M.Pd., juga mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0802/Ponorogo yang telah bekerjasama dalam memberikan wawasan kebangsaan kepada siswa-siswinya. “Kami berharap kerjasama ini dapat terus berlanjut dan memberikan dampak positif bagi para siswa dalam memahami dan mengamalkan nilai-nilai kebangsaan,” ujarnya.

Adapun rincian materi yang diberikan kepada para peserta di antaranya adalah: Sikap Sempurna, Istirahat, Lencang Kanan/Kiri dan setengah lencang kanan/kiri, Lencang Depan, Berhitung, Perubahan Arah (Hadap serong kanan/kiri, Balik kanan); Membuka/Menutup Barisan; Bubar, Berhimpun, Berkumpul, Meninggalkan Barisan serta Gerakan berjalan (langkah biasa, langkah tegap). Selanjutnya, untuk materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) disuguhkan materi berupa: Wawasan Bhineka Tunggal Ika, pengertian negara, arti dan makna serta simbol negara, nilai-nilai wawasan Nusantara, dan dampak membangun karakter bangsa sesuai dengan landasan dan nilai luhur Pancasila sebagai ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman berharga bagi para siswa SMKN 2 Ponorogo. Dengan bekal pengetahuan tentang PBB dan Wawasan Kebangsaan, mereka diharapkan mampu menjadi generasi muda yang disiplin, bertanggung jawab, serta memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi. Kerjasama antara SMKN 2 Ponorogo dan Kodim 0802/Ponorogo ini menjadi langkah penting dalam membentuk karakter siswa yang berwawasan luas dan siap berkontribusi bagi bangsa dan negara. Farida Hanim Handayani, S.Pd., M.Pd., berharap agar kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan di masa mendatang, demi terciptanya generasi yang unggul dan berintegritas. (tar-)

 

Posting Komentar untuk "SMKN 2 Ponorogo Gandeng Kodim 0802/Ponorogo Tingkatkan Wawasan Kebangsaan Siswa"