Unik : Siswi SMK Ini Buktikan Keahliannya Mengelas dan Mengurus Mesin di Pabrik Kereta Api!

Nabila Ailen Septiana, siswa Teknik Mesin SMKN 1 Madiun, Jawa Timur saat magang di PT INKA (Persero).

Madiun, infosmk.com - PT INKA (Persero) kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengembangan pendidikan vokasi dengan melibatkan siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam produksi kereta api nasional. Kolaborasi antara BUMN dan SMK di Madiun, Jawa Timur ini diharapkan mampu membuka peluang bagi lulusan SMK untuk terserap lebih luas di dunia kerja.

“Pelatihan dan magang ini adalah bekal bagi para siswa untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja. Mereka sudah memiliki keahlian di bidangnya, dan magang di berbagai instansi, baik pemerintah, BUMN, maupun swasta, merupakan langkah strategis untuk mempersiapkan mereka sebelum benar-benar memasuki dunia kerja,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Aries Agung Paewai, dalam keterangan tertulis, Rabu (2/10/2024).

Aries juga menekankan bahwa kolaborasi ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan SMK, karena siswa mendapatkan pengalaman langsung di industri terkait. PT INKA, sebagai salah satu perusahaan perkeretaapian terbesar di Indonesia, memberikan dampak signifikan bagi pengembangan keterampilan siswa melalui program magang ini.

"Pengalaman magang ini tidak hanya membantu mereka mengasah keterampilan, tetapi juga mempersiapkan mereka menghadapi tantangan dunia kerja sesungguhnya," tambah Aries.

Lebih lanjut, ia menyatakan keyakinannya bahwa PT INKA telah mempertimbangkan secara matang terkait perekrutan siswa SMK, terutama di Madiun, sebagai bagian dari pengembangan sumber daya manusia di sektor perkeretaapian.

Salah satu peserta magang, Nabila Ailen Septiana, siswa SMKN 1 Madiun, mengungkapkan bahwa magang di PT INKA memberikan pengalaman yang sangat berbeda dari apa yang didapat di sekolah. “Di sini saya mendapatkan pengalaman terkait pengelasan atau welding. Kalau di sekolah menggunakan SMAW (Shielded Metal Arc Welding), di sini saya menggunakan GMAW (Gas Metal Arc Welding),” ujar Nabila.

Magang ini, menurut Nabila, tidak hanya memperkaya keterampilannya, tetapi juga menumbuhkan harapannya untuk bisa bekerja di PT INKA sambil melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

"Saya ingin melanjutkan kuliah di Teknik Permesinan. Bekal dari sini akan menjadi bagian dari portofolio yang mempermudah saya nanti untuk melanjutkan kuliah," pungkas Nabila .

Sumber: Tribunnews

Posting Komentar untuk "Unik : Siswi SMK Ini Buktikan Keahliannya Mengelas dan Mengurus Mesin di Pabrik Kereta Api!"