TKJ SMKN 2 Ponorogo Kunjungi STO Pakem Fiber Academy Telkom Yogyakarta

Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dari SMK Negeri 2 Ponorogo mengunjungi Fiber Academy Telkom 
Ponorogo, infosmk.com – sebanyak 63 siswa Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dari SMK Negeri 2 Ponorogo mengunjungi Fiber Academy Telkom yang beralamat di Jl. Cangkringan No.5, Pakemgede, Pakembinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Mereka didampingi oleh 8 guru pembimbing dalam kegiatan yang bertujuan memberikan wawasan praktis mengenai dunia industri jaringan fiber optik, Rabu, (22/05/24).

Kunjungan industri merupakan salah satu kegiatan edukatif yang memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan potensi siswa. Melalui kunjungan ini, siswa mendapatkan kesempatan untuk melihat secara langsung bagaimana teori yang dipelajari di dalam kelas diterapkan dalam dunia kerja nyata. Tidak hanya itu, kunjungan industri juga membantu siswa memahami lingkungan kerja, proses produksi, dan teknologi yang digunakan di berbagai sektor industri. Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya memperkaya wawasan dan pengetahuan siswa, tetapi juga memotivasi mereka untuk mengembangkan keterampilan dan kompetensi yang dibutuhkan dalam karir mereka di masa depan. Proses belajar yang terintegrasi dengan pengalaman lapangan ini menjadi sarana efektif untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin kompleks dan dinamis.

Para Siswa TKJ SMKN2 Ponorogo Praktek splicing di Fiber Academy
Fiber Academy Telkom, sebagai pusat pengembangan kompetensi jaringan akses, khususnya pada keahlian jaringan fiber optik, menyediakan berbagai fasilitas e-learning, program-program sertifikasi yang didukung oleh para ahli jaringan fiber optik, serta silabus kompetensi di setiap portofolio. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman langsung kepada siswa tentang teknologi jaringan fiber optik yang menjadi tulang punggung infrastruktur komunikasi modern.

Dalam sambutannya, Kirno, koordinator Fiber Academy STO Pakem, menyampaikan permohonan maaf karena direktur tidak dapat menghadiri acara tersebut. Namun, Kirno berharap para siswa dapat memperoleh pengalaman berharga yang bisa dijadikan acuan dalam belajar di sekolah dan memahami produksi di Fiber Academy maupun Telkom Akses.

Farida Hanim Handayani, S.Pd., M.Pd., Kepala SMK Negeri 2 Ponorogo, melalui Wakil Kepala Sarana dan Prasarana Ani Dwi Yulianto, S.Kom, mengucapkan terima kasih kepada Telkom Fiber Academy yang telah menerima kunjungan ini. "Kami berharap kegiatan ini tidak hanya berhenti di sini, tetapi dapat ditindaklanjuti dengan kerjasama yang lebih baik seperti program magang, sinkronisasi kurikulum, guru tamu, dan lainnya," ujar Ani.

Para Siswa TKJ SMKN2 Ponorogo  praktek keselamatan kerja technician  di Fiber Academy
Para siswa disambut oleh pembimbing expert dan junior expert yang memberikan berbagai materi dan praktek langsung. Kegiatan ini meliputi Tour Fiber Academy baik indoor maupun outdoor, materi tentang Basic FTTH Technology, praktek splicing, praktek keselamatan kerja technician, dan instalasi kabel fiber optik pada tiang T7. Antusiasme siswa terlihat jelas, terbukti dari alokasi waktu yang disediakan tidak cukup untuk memuaskan rasa ingin tahu mereka dalam mencoba peralatan di Fiber Academy.

Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang nyata tentang dunia industri kepada para siswa. Melalui pengamatan langsung, mereka dapat memahami bagaimana konsep-konsep yang dipelajari di kelas diterapkan dalam praktik di dunia nyata. Melihat proses produksi, penggunaan teknologi, dan operasional bisnis secara langsung tentunya akan menjadi pengalaman berharga yang memotivasi mereka untuk lebih giat belajar dan mempersiapkan diri untuk tantangan di masa depan.

Kegiatan ini menunjukkan betapa pentingnya sinergi antara dunia pendidikan dan industri dalam mencetak generasi muda yang siap menghadapi perkembangan teknologi dan tuntutan dunia kerja. Dengan pengalaman ini, siswa diharapkan tidak hanya memahami teori, tetapi juga memiliki keterampilan praktis yang relevan dengan kebutuhan industri saat ini. (tar-).

 

Posting Komentar untuk "TKJ SMKN 2 Ponorogo Kunjungi STO Pakem Fiber Academy Telkom Yogyakarta"